MENU DAN IKON MICROSOFT OFFICE

1.File.

Pertama adalah menu file, disini terdapat berbagai perintah dasar dan ada juga bagian untuk menyesuaikan pengaturan lembar kerja.

Save : Untuk menyimpan dokumen word yang telah kita kerjakan.

Save As : Hampir mirip seperti save, namun fungsinya adalah menyimpan sebagai dokumen dengan nama baru.

Open : Membuka file dokumen yang sebelumnya telah kita simpan.

Close : Menutup dokumen yang sedang kita buka.

Info : Menampilkan rincian info terkait dengna dokumen yang sedang dikerjakan.

Recent : Menampilkan daftar dokumen yang baru-baru ini dibuka/diedit.

New : Membuat lembar kerja MS word baru.

Print : Untuk mengeprint dokumen yang telah kita buat.

Save and Send : Berfungsi untuk menyimpan dokumen kemudian mengirimnya lewat email ataupun diposting ke website.

Help : Menu bantuan apabila ada masalah pada Microsoft Word.

Option : Berisi berbagai menu untuk melakukan penyesuaian terhadap dokumen.

Exit : Berfungsi untuk menutup aplikasi MS Word.

2.Home

Clipboard : Ribbon group ini terdiri dari beberapa ikon yang umumnya berfungsi untuk mengcopy ataupun memindah elemen dalam dokumen.

•Paste : Ikon ini memiliki fungsi untuk menempelkan suatu teks ataupun objek (gambar, tabel dll) yang sebelumnya telah di copy atau cut.

•Cut : Berfungsi untuk memindah dan memotong teks ataupun objek (gambar, tabel dll).

•Copy : Berfungsi untuk menyalin dan mengcopy teks ataupun objek (gambar, tabel dll).

Format Painter : Kita bisa menggunakannya untuk meniru/menyalin format halaman dan menggunakannya di halaman lain.

•Font : Ribbon group yang terdiri dari berbagai ikon untuk mengubah dan menyesuaikan font baik itu warna, ukuran, jenis dan berbagai efek lainnya.

Font : Kita bisa memilih jenis dan gaya huruf pada bagian ini.

•Font Size : Berguna untuk mengubah dan menyesuaikan ukuran huruf pada dokumen.

•Grow Font : Berfungsi untuk menambah/memperbesar ukuran font.

•Shrink Font : Berfungsi untuk mengurangi/mengecilkan ukuran font.

•Change Case : Untuk mengubah penggunakan huruf kapital pada teks yang dipilih.

•Clear Formatting : Menghapus/memformat pengaturan yang telah diterapkan pada sebuah teks.

•Bold : Memberikan efek tebal ada huruf.

•Italic : Memberikan efek miring pada teks.

•Underline : Memberikan efek garis bawah pada teks.

•Strikethrough : Memberikan efek coretan di tengah teks.

•Subscript : Untuk membuat format pangkat diatas.

•Superscript : Untuk membuat format pangkat dibawah.

•Text Effect : Untuk membuat teks dengan berbagai efek.

•Text Highlight Effect : Untuk membuat semacam efek stabilo.

•Font Color : Berfungsi untuk mengubah serta memilih warna dari teks/huruf.

Paragraph : Ribbon group yang berisi berbagai ikon dengan fungsi untuk mengatur dan menyesuaikan paragraph pada dokumen.

Bullet : Untuk menambahkan bullet dan berbagai tanda lainnya pada format listing.

Numbering : Berfungsi menambahkan penomoran urut secara otomatis.

Decease Indent : Untuk menggeser paragraph ke bagian kiri.

Increase Indent : Untuk menggeser paragraph ke bagian kanan.

Left : Membuat teks menjadi rata kiri.

Alignment Center : Membuat teks menjadi rata tengah.

Alignment Right : Membuat teks menjadi rata kanan.

Justify : Membuat teks menjadi rata kanan kiri.

Line and Paragraph : Mengatur dan menyesuaikan jarak antar baris.

Shading : Untuk mengubah warna latar belakang teks.

Border : Menambahkan garis tepi/border pada teks yang telah dipilih.00

Style : Ribbon Group yang terdiri dari berbagai text formatting yang telah disetting sedemikian rupa sehingga bisa digunakan secara cepat dilain waktu tanpa harus mengaturnya kembali.

Editing : Ribbont Group yang berisi beberapa ikon untuk melakukan editing terhadap dokumen.

Find : Berfungsi untuk mencari dan menemukan kata tertentu dalam dokumen.

Replace : Untuk menemukan kata tertentu kemudian menggantinya dengan kata lain.

Select : Untuk memilih/memblock teks pada dokumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA SISWA

10 FILE EKSTENSI GAMBAR